Cara Menstabilkan Usaha Pasca Bangkrut

K ebangkrutan dalam menjalankan usaha merupakan hal yang wajar terjadi. Hal ini dapat terjadi tidak hanya pada pengusaha kecil, namun juga pada pengusaha yang sudah sangat besar. Hal penting yang harus kita lakukan saat menghadapi kegagalan dalam usaha yaitu memahami situasi dan berusaha maksimal guna menanggulanginya.

Kebangkrutan tidak bisa kita duga-duga, bukan sebatas karena tidak lakunya produk di pasaran, kebangkrutan juga bisa terjadi akibat beberapa musibah tak terduga atau bencana alam yang menimpa usaha Anda. Pada intinya, tidak ada satu pengusaha yang dapat mengatakan dirinya aman dan bebas dari problem kebangkrutan

Dengan berusaha secara maksimal memang bukan suatu pekerjaan yang mudah, setidaknya Anda bisa belajar dari kesalahan dan tidak mengulanginya di saat kondisi bisnis yang dijalan sudah mulai stabil. Pada kali ini hukum123 memberikan beberapa cara untuk menstabilkan kembali bisnis yang Anda jalankan setelah mengalami kebangkrutan.

Cara yang pertama, berkomunikasilah dengan pengusaha yang pernah mengalami hal yang sama. Saat mengalami kebangkrutan dalam menjalankan usaha, pertahankanlah diri Anda untuk terus berkomunikasi dengan banyak orang. Ada baiknya konsultasikan problem Anda dengan para pelaku usaha yang pernah mengalami kebangkrutan.

Dengan berdiskusi serta bertukar pikiran dengan mereka bisa melepaskan sedikit rasa kecewa Anda. Terlebih lagi jika Anda telah bekerja keras untuk membangun usaha dan mendapatkan reputasi yang baik di mata para pelanggan, waktu adalah jawaban bila Anda tidak patah arang untuk melanjutkan usaha itu.

Cara kedua, tetaplah berpikir positif. Memang pada umumnya saat mengalami suatu kebangkrutan dalam usaha, seringkali Anda akan dihantui oleh segala pikiran negatif dan sikap pesimis untuk membangunnya kembali dari awal. Jangan terlarut dalam pikiran buruk sebelum bertindak karena hal ini yang akan jadi jaminan Anda bila diberi kesempatan untuk bangkit berbisnis kembali.

Cara yang ketiga, bertindaklah dengan cepat. Saat mengalami kebangkrutan Anda akan selalu merasa semua usaha yang dilakukan telah selesai. Padahal itu hanya sugesti dari rasa kecewa yang dialami. Dengan bertindak cepat untuk mengatasi kebangkrutan, Anda punya peluang untuk mampu menghindarinya. Biasa terjadi, tidak sedikit pengusaha yang langsung loyo saat mengalami kebangkrutan, hal tersebut faktor utama yang membuat mereka tidak mampu menghindarinya.

Cara yang keempat, carilah modal serta berikan kepercayaan dengan relasi-relasi. Sebagai pelaku bisnis Anda diharuskan memiliki relasi-relasi bisnis yang dijalin. Pasalnya, kepercayaan yang telah ditanamkan lewat bidang bisnis akan membuat relasi-relasi Anda tidak meragukan kejujuran dan keuletan personal yang Anda miliki. Minimal, lewat relasi yang terjalin baik dapat memberi modal guna membangun kembali usaha yang telah Anda tekuni.

(AH)