Corporate Social Responsibility (CSR)

D alam lingkup bidang usaha, sudah marak sekali perusahaan yang menjalankan usahanya di bidang sumber daya alam. Perusahaan seperti ini secara langsung mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam. Adapun yang perlu kita ketahui yakni mengenai tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dalam menjalankan giat usahanya di bidang pengelolaan serta pemanfaatan sumber daya alam.

Tanggung jawab sebuah perusahaan atau perseroan terhadap lingkup sosial dan lingkungannya biasa dikenal dengan istilah Corporate Social Responsibility (CSR). Mengenai CSR dalam legislasi dan ketentuannya telah tercantum dalam pasal 74 UU No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UUPT) bahwa tanggung jawab sosial dan lingkungan diserahkan terhadap perseroan yang menjalankan kegiatan usahanya di bidang sumber daya alam, atau perseroan yang menjalankan usahanya di bidang yang berkaitan dengan sumber daya alam.

Cara mengimplementasikan regulasi dalam undang-undang tersebut yaitu dengan mencantumkan anggaran biaya untuk tanggung jawab sosial dan lingkungan sebuah perseroan. Pada umumnya dalam perseroan yang bergerak dalam bidang pengelolaan sumber daya alam diharuskan memasukan biaya program tanggung jawab sosial dan lingkungan tersebut kedalam Rencana Kerja Tahunan Perseroan tahun berikutnya sebagaimana yang telah diatur dalam pasal 63 UUPT.

Perseroan yang menjalankan bidang usahanya di lingkum pengelolaan serta pemanfaatan sumber daya alam wajib mempunyai CSR sebagaimana regulasi secara hukum. Hal ini dimaksudkan guna mewujudkan perusahaan tetap memiliki tanggung jawab dalam dua aspek tersebut. Aspek sosial salah satunya adalah tanggung jawab perseroan dalam memperkerjakan warga sekitar dimana tempat kegiatan usaha itu berdiri. Aspek lingkungan salah satunya adalah tanggung jawab perseroan untuk mengemban kewajiban perihal segala dampak yang terjadi akibat kegiatan usahanya. Pengelolaan sumber daya alam memiliki problematik seputar menipisnya sumber daya alam hingga pencemaran lingkungan sebagai dampak dari pengelolaan sumber daya alam yang dilakukan secara intens.