Definisi Tanda Daftar Perusahaan

T anda Daftar Perusahaan (TDP) merupakan kewajiban setiap perusahaan melakukan pendaftaran perusahaan sebagai bukti perusahaan melakukan kegiatan usahanya. TDP tertuang dalam pasal 5 UU No. 32 Tahun 1982 Tentang Wajib Daftar Perusahaan bahwa setiap perusahaan wajib didaftarkan dalam daftar perusahaan yang harus dilakukan oleh pemilik atau pengurus perusahaan yang bersangkutan. Pendaftaran ini dapat diwakilkan kepada orang lain melalui pemberian surat kuasa.

TDP berguna untuk mencatat segala keterangan dari suatu perusahaan dan merupakan sumber informasi resmi bagi pihak-pihak yang berkepentingan. Keterangan tersebut mencakup identitas dan berbagai keterangan lainnya tentang perusahaan. TDP sangatlah penting bagi perusahaan untuk menjamin kepastian berjalannya kegiatan usaha. Setiap pihak yang berkepentingan dalam perusahaan berhak untuk memperoleh keterangan dengan mendapatkan salinan dari keterangan yang tercantum dalam daftar perusahaan.

Perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT) wajib memperoleh TDP. Beberapa keterangan yang wajib didaftarkan dari pihak sebuah PT, diantaranya yaitu :

  • Nama dan merek perusahaan
  • Tanggal dan jangka waktu berdirinya perusahaan
  • Kegiatan pokok dan kegiatan lain perusahaan beserta perizinan yang dimiliki perusahaan
  • Keterangan identitas lengkap mengenai jajaran Direksi dan Dewan Komisaris perusahaan
  • Kegiatan usaha lainnya dari setiap anggota Direksi dan Dewan Komisaris perusahaan
  • Besarnya nominal modal yang ditempatkan dan disetor untuk perusahaan
  • Tanggal kegiatan usaha, nomor pengesahan badan hukum, serta tanggal pengajuan pendaftaran, dan
  • Identitas lengkap para pemegang saham perusahaan

Berbagai bentuk perusahaan yang wajib memperoleh TDP adalah badan usaha yang berbentuk bada hukum, koperasi, persekutuan (CV, Firma), dan perorangan. Badan usaha tersebut juga di dalamnya mencakup kantor cabang, kantor pembantu, anak perusahaan serta agen. Bagi perusahaan perorangan yang dijalankan secara pribadi dan mempekerjakan anggota keluarga terdekat tidak diwajibkan memerlukan izin usaha.

TDP pada umumnya dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran yang telah ditetapkan. Setelah itu, penyerahan formulir diserahkan ke kantor pendaftaran perusahaan sesuai tempat kedudukan kantor perusahaan. Namun apabila tidak terdapat sarana kantor pendaftaran yang terletak dekat kantor perusahaan, maka pendaftaran dapat dilakukan di wilayah ibukota provinsi tempat domisili perusahaan berdiri. Pendaftaran wajib dilakukan terhitung sejak 3 bulan perusahaan menjalankan kegiatan usahanya.

Penyelenggaran TDP merupakan tanggung jawab Menteri Perindustrian dan Perdagangan dengan menetapkan kedudukan kantor-kantor pendaftaran perusahaan beserta susunan dan tata cara penyelenggaraan pendaftaran perusahaan. Setelah menerima formulir pendaftaran terhitung sejak 3 bulan, pejabat berwenang dapat menetapkan pengesahan atau menolak pengesahan pendaftaran. Jika pejabat berwenang mengetahui pendaftaran oleh pengusaha yang mengajukan pendaftaran dinyatakan bertentangan dengan ketertiban umum atau tidak lengkap, pejabat memiliki wewenang untuk menolak pendaftaran dan memberikan kesempatan kepada pengusaha untuk melakukan pendaftaran ulang.

Jika perusahaan yang telah mendapat pengesahan pendaftarannya akan diberikan TDP yang berlaku dalam jangka waktu 5 tahun. Apabila TDP hilang, pengusaha wajib untuk mengajukan permohonan tertulis ke kantor pendaftaran perusahaan guna memperoleh TDP pengganti dalam jangka waktu paling lambat 3 bulan setelah mengalami kehilangan. Sanksi yang dijatuhkan apabila perusahaan tidak melakukan permohonan memperoleh TDP pengganti dapat dipidanakan paling lama 3 bulan hukuman penjara atau denda paling besar Rp 3.000.000. Sama halnya jika terjadi kekeliruan dalam mengisi formulir pendaftaran, pihak dari pemohon dapat dipidanakan paling lama 3 bulan hukuman penjara atau didenda paling tinggi Rp 1.500.000. Jika Anda ingin mendaftarkan perusahaan Anda pastikan bahwa seluruh keterangan yang tercantum haruslah benar dan akurat agar tidak merugikan Anda sendiri.