Empat Jenis Asuransi Jiwa yang Cocok Bagi Pengusaha

A pabila Anda seorang pengusaha tentu Anda sangat memerlukan asuransi. Bukan hanya asuransi atas harta yang Anda miliki tetapi yang lebih penting tentunya asuransi untuk jiwa Anda. Bagaimanapun jiwa Anda adalah hal terpenting yang perlu dilindungi dari segala bentuk kecelakaan yang dapat mengancam. Sebab segala keputusan terkait usaha ini hanya bisa diberikan oleh Anda sebagai pemeran utama dalam usaha ini.

Khusus untuk Anda dan pengusaha lainnya, sebelum memilih asuransi jiwa yang tepat ada baiknya untuk mengetahui keempat jenis asuransi jiwa berikut.

 

Asuransi Eka Waktu

Asuransi eka waktu merupakan asuransi dengan jangka waktu tertentu yang memiliki premi cukup murah. Sayangnya jika sampai jangka waktu berakhir pemegan polis tidak mengalami risiko sama sekali, maka uang premi yang telah dibayarkan di muka akan hangus begitu saja. Sekilas asuransi ini memang terlihat sedikit merugikan. Akan tetapi jenis asuransi ini sangat cocok bagi Anda yang sering melakukan perjalanan bisnis sebab asuransi eka waktu akan melindungi Anda dari berbagai hal yang tidak Anda inginkan terjadi selama perjalanan Anda.

Asuransi Seumur Hidup

Asuransi seumur hidup ini berlaku hingga si pemegang polis meninggal. Besar premi yang perlu dibayarkan tentu cukup besar. Mekanisme kerja asuransi ini ialah pemegang polis harus menentukan ahli waris terlebih dahulu. Apabila sewaktu-waktu pemegang polis meninggal dunia, maka seluruh uang pertanggungan akan dibayarkan kepada ahli waris tersebut.

Asuransi Dwiguna

Adapun asuransi dwiguna merupakan asuransi yang cukup berkebalikan dengan asuransi eka waktu. Sebab apabila sampai akhir masa penanggungan pemegang polis tidak memiliki risiko apapun ia akan menerima sejumlah uang pertanggungan dari pihak penyedia jasa layanan asuransi. Asuransi dwiguna memang lebih terlihat sebagai salah satu sarana investasi. Walaupun begitu tidak sedikit juga pengusaha yang memilih asuransi jenis ini. Hal yang perlu diperhatikan ialah bahwa asuransi jenis ini pastinya membutuhkan uang penjaminan yang lebih besar karena penanggungan yang dilakukan oleh perusahaan asuransi pun lebih berat. Sehingga premi yang perlu Anda bayarkan dalam program asuransi ini juga pasti lebih mahal.

Asuransi Annuity

Asuransi jenis terakhir ini lebih bertujuan sebagai bentuk investasi di hari tua. Perlindungan dalam asuransi ini juga ikut dijamin namun hal itu hanya merupakan keuntungan tambahan. Hal yang lebih dikedepankan dari asuransi annuity ini adalah investasi di hari tua.

Keempat jenis asuransi yang telah dipaparkan diatas dapat Anda pilih sesuka hati. Hal yang perlu Anda perhatikan sebagai seorang pengusaha dalam memilih asuransi ini ilaha fleksibilitas asuransi dalam mengantisipasi gangguan keuangan yang sulit diprediksi. Anda juga perlu memperhatikan sistem pembayaran premi pada setiap asuransi. Ada premi yang besarnya akan selalu meningkat dan ada juga premi yang besarnya selalu tetap. Info lengkap terkait hal ini bisa Anda tanyakan kepada perusahaan asuransi terkait sebelum Anda mendaftarkan diri kedalam program asuransi tersebut.