Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Asuransi Kendaraan

T ak hanya jiwa dan rumah yang bisa diberikan perlindugnan oleh perusahaan asuransi. Kendaraan bermotor yang Anda gunakan sehari-hari, baik berupa motor ataupun mobil juga bisa diasuransikan jika Anda memang menginginkannya. Apalagi jika kendaraan tersebut memiliki peran vital dalam usaha atau pekerjaan yang Anda geluti. Kerusakan yang dapat terjadi sewaktu-waktu tentu akan sangat menyusahkan dan menghambat Anda. Apalagi jika kendaraan Anda memiliki nilai yang cukup besar. Rasanya asuransi kendaraan menjadi sangat diperlukan.

Ketika Anda sudah memutuskan untuk mengasuransikan kendaraan Anda, atau bahkan kendaraan Anda sedang diasuransikan, maka terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan supaya asuransi yang Anda lakukan menjadi optimal. Secara lengkap bisa Anda simak dibawah ini.

Perhatikan Jenis Asuransi

Umumnya asuransi kendaraan terdiri dari dua jenis asuransi, yakni total loss only dan all risk. Jika Anda memilih asuransi dengan jenis total loss only maka premi hanya akan diberikan jika kerusakan pada kendaraan Anda sudah mencapai 80% atau lebih. Bentuk premi yang diberikan pun berupa penggantian kendaraan. Kasus kehilangan kendaraan juga bisa digantikan oleh asuransi jenis ini.

Adapun apabil Anda memilih asuransi kendaraan berjenis all risk, maka sekecil apapun kerusakan yang diderita oleh kendaraan Anda bisa digantikan oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan. Tentunya penggantian ini dilakukan dengan berdasar pada syarat dan ketentuan yang berlaku. Dalam syarat dan ketentuan ini biasanya diatur besar kerugian minimal yang bisa digantikan. Jika kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda tidak mencapai nilai kerugian minimal ini maka Anda tidak dapat meminta klaim kerusakan.

Jangan Lupa Usia Kendaraan Anda

Sebagian besar perusahaan asuransi yang ada hanya akan memberikan perlindungan kepada kendaraan yang berusia maksimal 5-6 tahun. Usia ini dipilih mengingat diatas usia 6 tahun kerusakan pada mobil sangat lumrah terjadi sehinga tidak bisa dilakukan penanggungan seperti biasa. Maka dari itu beberapa perusahaan asuransi kendaraan memilih untuk menolak pengajuan asuransi pada kendaraan yang berumur diatas 5 atau 6 tahun.

Meskipun begitu beberapa perusahaan asuransi tetap memperbolehkan asuransi terhadap kendaraan berumur lebih dari 6 tahun. Tentunya jika Anda memilih program ini Anda akan dibebankan biaya premi yang lebih tinggi daripada premi asuransi pada program normalnya. Tambahan premi yang harus dibayarkan ini sangat wajar mengingat beban yang harus ditanggung oleh pihak penyedia layanan asuransi ini lebih besar.

Ketahui Detail Premi yang Akan Diberikan Sesuai Kendaraan Anda

Berbeda dengan asuransi pada umumnya, asuransi kendaraan sangat bergantung pada jenis kendaraan yang diasuransikan secara spesifik. Merek kendaraan yang sama dengan tahun pembuatan yang berbeda saja akan menghasilkan besaran premi yang berbeda apalagi dengan merek kendaraan yang berbeda. Maka dari itu Anda perlu mengetahui detil premi yang perlu Anda bayarkan sesuai dengan jenis kendaraan Anda secara detail.

Selain ketiga hal diatas tentunya Anda tetap perlu mempertimbangkan hal-hal lain yang biasa ditemui pada asuransi normal seperti jangka waktu program asuransi Anda. Kebanyakan perusahaan asuransi akan menggunakan jangka waktu berbatas hingga usia kendaraan Anda mencapai umur 5-6 tahun. Lengkapnya tentu dapat Anda tanyakan secara langsung kepada pihak penyedia layanan asuransi tersebut sebelum Anda membayarkan premi. Selamat berasuransi!