Jenis Perusahaan Tidak Wajib Didaftarkan

D aftar perusahaan adalah daftar catatan resmi yang dilakukan menurut dan berdasarkan ketentuan undang-undang. Di dalamnya sendiri memuat hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat pemerintah yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan itu. Daftar catatan resmi ini terdiri dari beberapa formulir yang didalamnya memuat catatan lengkap mengenai hal-hal yang wajib didaftarkan oleh sebuah perusahaan.

Tujuan diadakan usaha pendaftaran perusahaan ialah guna mencegah khalayak umum mendapatkan suatu gambaran yang keliru mengenai perusahaan sehingga gambaran itu berpengaruh pada perbuatan-perbuatan ekonomis para pihak yang berminat melakukan perjanjian dengan perusahaan. Namun, anda juga harus mengetahui bahwa tak semua perusahaan itu wajib didaftarka kepada pihak pemerintah. Kali ini hukum123 menguraikan beberapa jenis perusahaan yang tidak wajib didaftarkan pada Kantor Pendaftaran Perusahaan, diantaranya:

Perusahaan Jawatan

Perusahaan dalam bentuk ini dibebaskan dari kewajiban pendaftaran karena tidak bertujuan memperoleh keuntungan atau laba dalam pendiriannya.

Perusahaan Kecil Perseorangan

Perusahaan jenis ini dijalankan oleh pengusahanya sendiri atau dengan bantuan para anggota keluarganya sendiri. Perusahaan seperti ini tak memerlukan izin usaha dan tidak berbentuk badan hukum atau persekutuan dagang.

Dalam definisi pengertiannya, perusahaan kecil perseorangan adalah perusahaan yang melakukan kegiatan dagang atau jual-beli dan memperoleh keuntungan guna memenuhi keperluan nafkah sehari-hari. Lalu, yang dimaksud anggota keluarganya adalah anggota keluarga dari si pengusaha yang memiliki hubungan terdekat dengannya, termasuk menantu dan ipar (derajat ketiga).

Derajat dalam hubungan keluarga juga dibatasi dengan kelahiran, misalkan hubungan keluarga dengan anak termasuk derajat pertama karena seorang anak dilahirkan oleh orang tua. Hubungan keluarga antara orang tua dengan cucu termasuk derajat kedua, dan juga hubungan keluarga dengan cicit termasuk derajat ketiga. Kualifikasi hubungan keluarga ini dipandang dari garis lurus (vertikal).

Apabila menurut garis ke samping (horizontal), keponakan termasuk derajat ketiga. Seorang menantu dan ipar tak bisa bisa dimasukkan dalam golongan derajat sebab tidak mempunyai hubungan kelahiran atau sedarah, tapi mereka termasuk anggota keluarga dekat.

Terdapat 2 jenis perusahaan yang kedudukannya tidak wajib untuk mendaftarkan perusahaan secara resmi. Dengan keleluasaan ini, mungkin ada peluang besar bagi anda membuat sebuah usaha yang berbentuk jawatan atau perusahaan kecil perseorangan. Memang tak memberikan laba yang besar, tapi setidaknya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dalam perekonomian keluarga anda.

(AH)