Ketika Nama Kita Ingin Dipinjam untuk Mendirikan CV

D unia bisnis memang dunia yang penuh dengan lika-liku. Tak jarang hal yang tidak pernah kita bayangkan harus terjadi dan tentunya juga mesti kita hadapi. Seorang kawan pernah bercerita bahwa saudaranya berniat untuk mendirikan suatu CV. Saudaranya ini mengajak kawan tersebut untuk menjadi salah satu pesero dan bahkan langsung ditawarkan posisi sebagai Direktur CV. Akan tetapi kawan tersebut menolak karena merasa tidak memiliki kemampuan manajerial yang mumpuni untuk menjadi seorang Direktur CV.

Usut punya usut ternyata saudaranya tersebut hanya membutuhkan nama dari sang kawan karena dianggap dapat memudahkan perizinan pendirian CV. Sang saudara bahkan menyatakan bahwa kawan tersebut tidak perlu pusing mengurusi masalah teknis/operasional karena semua hal yang berkaitan dengan hal tersebut bisa ia urus sendiri. Sang saudara hanya membutuhkan nama kawan tersebut untuk dituliskan sebagai direktur dari CV yang ingin ia buat.

Masalah semacam ini nyatanya memang tak jarang terjadi dalam kegiatan bisnis sehari-hari. Biasanya hal semacam ini dilakukan oleh pihak yang tidak dapat menjadi direktur karena tidak diperbolehkan oleh atasannya (apabila ia seorang PNS), atau ia telah menjadi direktur di perusahaan lain. Jika suatu hari Anda harus menghadapi masalah seperti ini. Bagaimanakah cara menghadapinya?

Pertama-tama perlu diingat bahwa dengan tercantumnya nama Anda sebagai direktur CV pada surat kontrak membuat hak dan kewajiban seorang direktur melekat kepada diri Anda secara otomatis. Sekalipun Anda nantinya tidak pernah terlibat dalam kegiatan operasional sehari-hari, para klien atau pihak ketiga yang terlibat dalam bisnis tersebut pasti akan meminta pertanggung jawaban kepada Anda.

Bahkan mereka dapat menuntut Anda apabila suatu hari mereka merasa dirugikan dengan kerjasama yang telah berlangsung. Apabila saat itu terjadi Anda justru mengatakan bahwa Anda bukanlah pihak yang mengoperasikan CV tersebut tentu hal itu tidak akan mengubah keinginan mereka untuk menuntut Anda. Segala perkataan pembelaan Anda menjadi sia-sia.

Oleh karena itu Anda perlu berhati-hati ketika orang lain ingin menggunakan nama Anda terutama dalam jabatan penting seperti direktur sebuah CV. Pastikan bahwa Anda terlebih dahulu membuat surat perjanjian bermaterai dengan orang tersebut yang berisi bahwa Anda tidak akan terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan dan segala tanggung jawab operasional perusahaan dibebankan kepada orang yang meminjam nama Anda. Jika perlu buatlah akta autentik dihadapan notaris bersama dengan pihak peminjam nama tersebut. Dokumen-dokumen semacam inilah yang dapat melindungi Anda ketika suatu sengketa harus terjadi dikemudian hari.

Akan tetapi yang terbaik tentunya adalah menjalankan posisi direktur tersebut sebagaimana mestinya. Apabila nama Anda memang telah tertulis sebagai direktur CV maka laksanakanlah hak dan kewajiban direktur tersebut sedikit demi sedikit. Pihak peminjam nama Anda pastinya tidak akan berkeberatan dengan langkah tersebut. Ada baiknya juga jika Anda tidak menerima tawaran penggunaan nama tersebut sedari awal jika memang Anda merasa kurang mampu untuk memikul posisi yang ditawarkan. Langkah preventive ini jelas lebih baik untuk dilakukan.