Lisensi Dagang Warisan Keluarga

B idang usaha kuliner dewasa ini merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan bagi para penggiat usaha. Bisnis kuliner pun menjadi hal yang lumrah dijalankan turun temurun sebagai warisan usaha keluarga. Di balik kesuksesan usaha kuliner keluarga turun temurun itu terdapat resep rahasia yang diwariskan. Tidak jarang juga omset hasil dari bisnis ini bisa lebih besar ketimbang sebuah restauran dan kedai makan lainnya yang terbilang baru. Selain branding produksi yang terkenal sejak lama, tidak dapat dipungkiri resep warisan keluarga menjadi salah satu senjata penarik minat pelanggan yang tak ingin pindah ke lain hati.

Sebuah rahasia dagang warisan keluarga dengan varian formula yang sudah teruji waktu dapat saja sangat menjadi rahasia sebenarnya bagi usaha kuliner. Rahasia itu pun tak pelak menjadi sesuatu yang tersembunyi untuk para karyawan dan akan ada kemungkinan apabila rahasia dagang itu diketahui orang banyak akan menjadi perbincangan dengan pelaku usaha-usaha lainnya. Alhasil, rahasia dagang warisan keluarga yang telah turun temurun akan memudar sifat otentiknya. Namun resep rahasia ini dapat Anda berikan lisensi dengan cara memberi izin orang lain menggunakannya sebagai mitra kerja Anda tapi dengan syarat tanpa menyebarkan resep rahasia tersebut. Cara ini dapat membuahkan royalti tambahan bagi bisnis Anda. Keuntungan dari pemberian lisensi ini akan membuat Anda tidak perlu mencari modal khusus guna membukan beberapa cabang baru. Selain itu, Anda pun dapat berinvestasi di dalam usaha seseorang yang membuka usaha kuliner dengan resep rahasia yang Anda miliki sekaligus mengontrol manajemen dari bidang gerak bisnis tersebut karena penggunaan rahasia resep hanya dapat dipakai dengan kuasa izin Anda sendiri.

Rahasia dagang tercantum dalam UU No. 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang yang memiliki ruang lingkup untuk perlindungan rahasia dagang. Adapun cakupan tindakan perlindungan itu meliputi segi metode, produksi, pengolahan, penjualan hingga informasi di bidang teknologi secara bisnis selama mempunyai suatu nilai ekonomi. Nilai ekonomi dapat tetap terjaga selama informasi rahasia dagang tidak diungkapkan ke khalayak umum. Rahasia dagang yang dapat dilindungi secara hukum berdasarkan legislasi yang ada harus tetap dipastikan informasi rahasia dagang memiliki kerahasiaannya dan suatu nilai ekonomi yang terkandung dalam rahasia dagang Anda. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk tetap menjaga rahasia dagang warisan keluarga.

#1. Kerahasiaan Informasi Rahasia Dagang

Anda harus memastikan bahwa informasi rahasia dagang hanya Anda atau orang yang diberikan izin yang mengetahuinya. Informasi tentang rahasia dagang Anda jangan sampai diketahui oleh banyak orang.

#2. Nilai Ekonomi Dari Rahasia Dagang

Nilai ekonomi dari suatu rahasia dagang akan tetap terjaga jika hanya digunakan untuk kegiatan yang bersifat komersil dan dapat meberikan keuntungan bagi Anda.

#3. Menjaga Rahasia Dagang

Anda harus menjaga rahasia dagang dengan membuat prosedur internal guna memastikan informasi rahasi dagang tidak terkuak karena notabene Anda sebagai pemilik rahasia dagang tersebut.

Membuat sebuah lisensi untuk rahasia dagang akan membuat rahasia bisnis bersifat mengikat. Anda diwajibkan membuat perjanjian lisensi dengan orang yang menerima lisensi rahasia dagang sehingga perjanjian tersebut mengikat pihak pemberi dan penerima lisensi. Dalam memperluas cakupan pihak penerima lisensi rahasia dagang Anda, kontrak sebuah perjanjian yang dibuat harus tercatat di Direktorat Jenderal Hak Atas Kekayaan Intelektual serta Kementerian Hukum dan HAM RI. Hak pemberian lisensi itu untuk mengekploitasinya secara ekonomi, dan bukan untuk mengalihkan kepemilikan hak atas rahasia dagangnya itu sendiri. Biasanya Anda akan mendapatkan kompensasi disertai pembayaran royalti dari pihak penerima lisensi.

Telah banyak kasus terjadi hambatan menjaga informasi rahasia dagang ini adalah ketika Anda meberikan kepercayaan rahasia dagang kepada mantan karyawan Anda sendiri. Bisnis kuliner yang telah dijalankan turun temurun oleh keluarga dan menjadi sebuah warisan bagi Anda akan kehilangan otentisitasnya apabila mantan karyawan Anda menggeluti bisnis yang sama persis. Dapat dipastikan mantan karyawan Anda sendiri bisa saja menggunakan resep yang Anda rahasiakan dan menjadi seorang kompetitor bisnis Anda. Mengacu pada undang-undang yang mengatur rahasia dagang, tindakan tersebut dapat digugat secara perdata dan dapat dilaporkan secara pidana dengan ancaman kurungan penjara 2 tahun penjara serta denda maksimal sebesar tiga juta rupiah.