Menjadikan Alamat Rumah Sebagai Domisili Hukum Perusahaan

Bagi Anda yang terhitung baru merintis perusahaan, khususnya sebuah Perseroan Terbatas (PT) skala kecil dan menengah (UMKM), biasanya akan mengalami kesulitan membuat Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP). Padahal, SKDP merupakan syarat perizinan utama karena menentukan domisili hukum perusahaan dan merupakan syarat untuk mengurus jenis perizinan usaha lainnya. Bagi Anda yang belum memiliki modal yang cukup untuk membeli atau menyewa bangunan untuk gudang serta kantor tempat operasional usaha, Anda pun dapat menjadikan alamat rumah sebagai domisili hukum tempat usaha Anda yang baru dirintis.

Penggunaan alamat rumah sebagai domisili perusahaan terbilang masih banyak dilakukan oleh para pelaku usaha lain. Hal ini dilakukan dengan membagi bangunan rumah sebagai tempat usaha sekaligus tempat tinggal Anda, cara ini biasa dikenal dengan istilah rumah kantor (rukan). Sebagai pelaku usaha, Anda dapat melakukan perizinan untuk rumah tinggal sekaligus juga sebagai domisili perusahaan yang pada umumnya dilakukan oleh perusahaan dengan ruang lingkup kecil menengah. Meskipun tempat tinggal bisa digunakan sebagai domisili hukum perusahaan tetapi belum tentu dapat digunakan sebagai tempat operasional bisnis. Hal ini tergantung dari ruang lingkup bisnisnya. Bagi jenis usaha kuliner dan jenis usaha dengan skala kecil atau menengah hal ini bisa dilakukan. Akan tetapi dengan jenis usaha yang berskala besar, seperti pendirian gudang tentu masih diperlukan dari segi kelayakan tempat usaha Anda.

Tindakan melakukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebagai tempat usaha membuat para pelaku usaha dapat menggunakan rumah sebagai domisili hukum perusahaannya.  IMB kemudian dapat Anda gunakan sebagai syarat mengurus SKDP dan pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Setelah itu, SKDP dan NPWP digunakan untuk mengurus perizinan perusahaan dalam perihal permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), serta Izin Gangguan. Bagi Anda yang tergolong pelaku usaha baru silahkan mencoba cara ini.