Optimalisasi Asuransi Kebakaran

M asa kini terdapat berbagai jenis asuransi kerugian yang bisa diikuti oleh setiap pengusaha untuk melindungi usaha yang ia miliki. Salah satu bentuk asuransi yang banyak ditawarkan oleh pihak penyedia asuransi ialah asuransi kebakaran. Asuransi yang cukup berbeda dengan jenis asuransi kebanyakan ini dirasa semakin perlu di masa sekarang mengingat risiko kebakaran di Indonesia cukup besar. Hal ini semakin dikuatkan dengan kondisi lingkungan yang cukup padat sehingga apabila terjadi kebakaran api dapat merembet dengan cepat. Kebakaran yang dialami oleh seorang pengusaha juga sangat berpotensi menimbulkan risiko kerugian total. Dengan adanya asuransi kebakaran ini maka kerugian total dapat dihindari.

Jika Anda memang sedang mempertimbangkan untuk mengikuti asuransi jenis ini, artikel berikut akan sangat bermanfaat bagi Anda sebagai bahan pertimbangan tambahan. Adapun jika Anda sudah menjadi peserta dari program asuransi ini ada baiknya uraian berikut juga Anda perhatikan supaya asuransi yang Anda ikuti semakin teroptimalkan.

Dalam asuransi kebakaran dikenal istilah benda tetap yang berarti benda dengan bentuk yang tidak mudah berubah. Benda tetap yang dapat menjadi objek asuransi kebakaran diantaranya bangunan, pabrik, rumah, mobil, kapal, dan lain-lain. Benda tetap ini perlu diperhatikan letak dan pembatasannya agar kita tidak sembarang mengajukan klaim jika terjadi apa-apa. Harga barang tetap juga sangat penting untuk diperhatikan sebab hal inilah yang akan dipertanggungkan oleh pihak penyedia asuransi. Biasanya premi yang akan Anda bayarkan sangat bergantung pada harga barang tetap tersebut pada saat Anda mengajukan asuransi.

Selain itu penting juga untuk memastikan tempat dan cara penyimpanan dari benda tetap tersebut. Klaim asuransi tidak dapat dicairkan apabila kerusakan pada barang tetap berasal dari kecerobohan Anda dalam menyimpan benda tersebut. Apabila barang tetap yang Anda asuransikan berupa gedung maka Anda juga perlu memperhatikan sifat dan pemakaian dari gedung-gedung yang berbatasan dengan gedung Anda. Sebabnya kebakaran pada gedung seringkali terjadi karena rembetan api dari gedung yang berada di sebelahnya. Kejelasan akan sifat dan pemakaian gedung-gedung yang berbatasan dengan gedung Anda dapat menghindarkan Anda dari peluang sengketa saat pencairan klaim apabila gedung Anda terbakar karena gedung lain yang berada disebelahnya.

Adapun pada jenis benda tetap yang dapat bergerak seperti mobil, kapal, dan semacamnya maka Anda juga perlu memperhatikan letak dan pembatasan barang-barang tersebut berikut cara penyimpanan dan/atau penumpukannya jika memang diperlukan. Hal ini diperlukan supaya perusahaan asuransi yang bersangkutan semakin mudah dalam menjalankan penyelidikan pasca kebakaran terjadi. Beberapa perusahaan asuransi bahkan mengadakan penyelidikan langsung bersama polisi demi memastikan kebakaran yang terjadi bukan sebuah kesengajaan sebab apabila ditemukan unsur kesengajaan tentu klaim Anda akan ditolak dan Anda tidak akan menerima biaya ganti rugi sepeserpun.