Strategi Menentukan Harga

B anyak cara-cara dalam menentukan harga. Masing-masing cara itu digunakan dalam situasi dan kondisi yang berbeda. Demikian aspek tersebut sangat memiliki keterkaitan soal harga yang merupakan faktor vital dalam menentukan sukses atau tidaknya bisnis Anda.

Penentuan harga yang ideal tidak hanya tergantung pada biaya produksi yang digelontorkan oleh Anda dalam memproduksi barang dan jasa. Faktor-faktor lainnya seperti kompetitor, suplier, dan stok ketersediaan barang alternatif turut mempunyai pengaruh dalam menentukan harga. Berikut hukum123 mengulas berbagai perihal strategi harga yang digunakan dalam kondisi situasional yang berbeda.

Biaya tambah mark up

Strategi ini Anda lakukan untuk menentukan pendapatan yang diinginkan sebelum menentapkan harga dari produk bisnis yang dijalani. Cara ini juga membantu prioritas fokus Anda pada profit atau pendapatan nantinya. Akan tetapi, cara ini juga dapat menyebabkan harga yang tidak sesuai harapan konsumen dan harga dari perusahaan kompetitor.

Harga yang bersaing

Dalam hal menetapkan harga yang mampu bersaing di pasar, Anda harus melakukan survey terkait harga yang ditawarkan kompetitor. Cara ini digunakan sebagai patokan Anda untuk menetapkan harga produk bisnis yang akan dipasarkan. Strategi tersebut dapat menentukan apakah harga yang Anda patok akan setara, lebih murah, atau lebih mahal dalam segi nominal dengan harga yang dipatok oleh kompetitor bisnis Anda.

Price skimming

Sering terjadi, price skimming merupakan strategi jangka pendek jika kompetitor Anda juga memasarkan produk yang sama, maka harga yang telah dipatok akan diturunkan. Cara tersebut dapat Anda gunakan apabila memiliki produk yang unik dan tidak memiliki barang penganti atau barang alternatif. Jika harga yang dipatok tinggi nominalnya, sehingga memberikan nominal harga tinggi juga kepada para pembeli. Biasa yang terjadi, pembeli adalah mereka yang mau serta mampu membayar karena dasar nilai keunikan produk tersebut. Lain halnya dengan produk kebutuhan pokok, pembeli atau konsumen tidak mempunyai pilihan lain, kecuali membeli dengan harga yang telah ditetapkan.

Penetration pricing/penekanan harga

Cara ini dilakukan jika harga yang telah Anda tentukan ternyata di bawah biaya produk edar pasar. Metode ini bertujuan mendapatkan sasaran pembeli dalam pasar yang besar. Karena penetration price tidak mencakup biaya serta merupakan strategi sementara. Strategi ini dinilai dapat menguntungkan karena konsumen atau pembeli harus bersedia membayar dengan harga normal atau dengan nominal harga yang lebih tinggi.

 

(AH)