Tips Membuat Merek Dagang

S ebuah nama merek dagang yang efektif dan mudah diingat sangat penting untuk daya penjualan serta menarik minat para konsumen. Hal tersebut tidak terlepas dari penjualan dan juga pemasaran.  Singkat kata, pemasaran dan penjualan barang dan jasa Anda akan berjalan lebih lancar jika merek dagang Anda menarik bagi para pelanggan.

Pada kali ini hukum123 akan memberikan beberapa tips bagi Anda untuk mendapatkan merek dagang yang efektif sekaligus menarik minat para konsumen dan pelanggan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan dalam pemilihan nama merek.

Pilih nama berbeda dari merek lainnya

Hal ini adalah syarat pertama serta mendasar untuk memilih sebuah nama bagi merek dagang. Nama merek yang terdengar agak  mirip dengan kompetitor Anda apalagi merek tersebut sudah mempunyai eksistensi dalam bidang usaha yang sama. Jika hal itu terjadi, dapa dipastikan tidak akan mendongkrak popularitas usaha dan merek dagang Anda. Ditambah lagi Anda akan terjebak dalam persengketaan hukum yang pelik, menguras materi dan tenaga serta waktu bila kompetitor mengajukan keberatan dengan merek dagang yang Anda gunakan.

Pilih nama merek yang tidak membuat bingung

Anda pasti pernah merasakan kesulitan untuk mengingat nama sebuah benda atau merek. Begitulah yang dapat terjadi bila merek dagang yang Anda pilih terlalu rumit. Meskipun harus terdengar unik dan berbeda, bukan berarti harus membuat sesuatu yang terlalu aneh dan di luar jangkauan pengetahuan orang.

Hindari penamaan merek yang tidak dapat didaftarkan

Dengan mendaftarkan merek dagang ke pihak yang berwenang, merek Anda akan terlindung dari tidakan curang kompetitor sekaligus Anda mendapatkan hak kepemilikan yang otentik atas nama merek dagang.

Hindari akronim serta angka dalam penamaan merek

Akronim atau singkatan biasanya sulit diingat, meski ada beberapa pengecualian dengan merek dagang singkatan yang telah familiar di kalangan publik. Kata-kata yang tercetak dengan beragam warna akan membuat orang banyak lebih mudah untuk mengingat. Selain itu, angka yang rumit juga cenderung lebih mudah dilupakan.

Gunakanlah kata-kata temuan Anda

Kata-kata temuan merupakan kata-kata yang tidak dapat dijumpai di kamus bahasa mana pun serta merupakan ciptaan kreatif dari pemikiran Anda. Dewasa ini, kata-kata seperti inilah yang sering digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menarik pelanggan.

Susunan kata ini sangat ideal guna dijadikan merek dagang karena terkesan unik dan bukan kata umum yang digunakan banyak orang untuk mendeskripsikan sesuatu. Untuk menciptakan susunan kata unik, Anda cukup menggabung beberapa kata yang mencerminkan barang dan jasa yang menjadi produk usaha Anda.

 

(AH)