Tips Menguasai Pasar Tanpa Monopoli

S uatu usaha biasa dikatakan berhasil apabila produknya telah mampu menguasai pasar. Artinya bahwa produk tersebut selalu menjadi pilihan pertama yang dipilih oleh mayoritas konsumen dibandingkan dengan produk sejenis lainnya. Untuk mencapai hal ini beberapa pengusaha kotor biasanya melakukan monopoli pasar. Padahal tindak monopoli jelas dilarang dan apabila dilaporkan pasti pengusaha tersebut akan mendapat sanksi yang berat.

Padahal menguasai pasar bisa dilakukan dengan cara yang diperbolehkan oleh undang-undang. Tepatnya pada Pasal 19 UU Nomor 5 tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan. Maka dari itu berikut kami sampaikan Tips-Tips menguasai pasar yang pastinya sudah diperbolehkan oleh undang-undang.

Tips #1: Jangan menghalangi pelaku usaha bisnis lain.

Tips pertama dalam menguasai pasar ialah jangan pernah menghalangi pelaku usaha lain yang menjual barang atau jasa yang sejenis dengan apa yang Anda perjualbelikan. Tindakan menghalangi yang dimaksud disini misalnya dapat berupa menghalangi pasokan barang dan menghalangi penggunaan tempat usaha. Tindakan semacam ini bukan hanya membuat hubungan antar pengusaha semakin buruk tetapi juga berpotensi menimbulkan sanksi bagi Anda karena hal tersebut diatur oleh undang-undang.

Tips #2: Jangan menghalangi konsumen untuk membeli barang orang lain.

Tips kedua dalam menguasai pasar ialah jangan menghalangi konsumen untuk membeli barang atau menggunakan jasa dari pesaing bisnis Anda. Pada dasarnya konsumen telah mampu memilah produk yang ia sukai dan tidak ia sukai. Oleh karena itu tindakan semacam ini jelas tidak perlu dilakukan. Tindakan ini malahan dapat berujung pada turunnya wibawa produk Anda dimata konsumen selain tentunya seperangkat sanksi dalam undang-undang siap menjerat para pelaku penghalangan ini.

Tips #3: Jangan menjelek-jelekkan barang pesaing Anda.

Tips selanjutnya masih berupa larangan yakni jangan menjelek-jelekkan barang atau jasa hasil produksi pesaing Anda kepada konsumen. Apabila Anda melakukan hal ini pesaing Anda bisa menuntut Anda ke pengadilan dengan tuntutan yang berat karena telah menjelek-jelekkan dimata umum. Alih-alih ingin menguasai pasar Anda justru bisa dikeluarkan dari pasar yang sudah ada.

Tips #4: Jangan memborong barang milik Anda dengan maksud memonopoli.

Tips menguasai pasar selanjutnya ialah jangan pernah memborong barang hasil produksi Anda dengan maksud agar di tempat tersebut hanya terdapat barang milik Anda. Sama seperti larangan sebelumnya tindakan ini juga dapat dikenakan sanksi karena diatur secara jelas oleh undang-undang.

Tips #5: Menjalin relasi dan komunikasi yang baik dengan para pesaing.

Tips terakhir yang dapat Anda lakukan untuk menguasai pasar ialah dengan cara menjalin relasi dan komunikasi yang baik dengan para pesaing bisnis Anda. Hal ini sangat penting untuk menghindari timbulnya kecurigaan dari para pesaing terhadap bisnis yang Anda jalani. Alangkah baiknya juga jika Anda memutuskan untuk membuat perkumpulan atau asosiasi pengusaha tertentu dengan beberapa pesaing Anda. Bentukan semacam ini jelas akan meningkatkan kekuatan produk Anda di pasaran. Selain itu asosiasi pengusaha juga dapat mempermudah terjalinnya komunikasi antara para pengusaha dengan aparat pemerintahan. Oleh karena itu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba tips yang satu ini.