Tips Merintis Bisnis di Rumah

T erkadang walaupun Anda sudah menjadi pekerja tetapi merasa tak cukup dengan penghasilan sehari-hari? Atau karena keadaan ekonomi Negara ini yang sedang menurun hingga membuat Anda memutar otak untuk menghasilkan uang dari rumah? Ini meruppakan saran yang cocok untuk Anda yang memiliki jiwa untuk merintis sebagai wirausahawan. Pasar bebas memberikan peluang bagi setiap warganya untuk berbisnis.

Walaupun dengan modal dana yang kecil usaha rumahan ini juga memungkinkan mendapat laba yang lumayan besar. Pada kali ini hukum123 memberikan 4 tips kunci secara singkat tentang cara bisnis untuk Anda sebagai seorang pebisnis rumahan.

Dukungan dari lingkungan keluarga

Keluarga adalah lingkungan interpersonal bagi Anda dan setiap orang. Sebelum memulai bisnis rumahan ini setidaknya harus ada persetujuan dengan pihak keluarga (suami-istri atau anak-orang tua).

Dengan modal nominal yang tak seberapa dari Anda bisa didukung oleh pihak keluarga, atau juga bisa mendapat sokongan dana menambah modal. Menambah modal sama saja menambah produksi yang akan Anda lakukan dalam merintis sebagai pengusaha pemula. Rumah juga tempat Anda menjalankan usaha, maka keluarga merupakan orang-orang terdekat yang mungkin akan menolak atau menyetujui bisnis yang Anda lakukan.

Belajar Administrasi

Setidaknya sebagai pemgusaha, Anda pun perlu mempelajari bidang administrasi. Mulai dari pembukuan (pengeluaran dan pemasukan), besar biaya operasional, serta biaya-biaya lainnya yang tak terduga dengan teliti. Sekecil apapun pengeluaran dan pemasukan adalah hal yang vital guna rekapitulasi dan juga kalkulasi nominal usaha bisnis yang Anda kerjakan.

Jangan Terlalu Memikirkan Kegagalan

Sebagai pebisnis yang baru merintis bisa dibilang Anda sedang berjudi dengan modal yang telah digelontorkan untuk usaha ataukah kebangkrutan yang didapat.  Hal tersebut bukan hal lumra dalam merintis bisnis.

Dengan semangat, tetap berpikir optimis, selalu percaya dengan keputusan juga inovasi usaha dalam bisnis Anda bisa menjauhkan hal-hal negative yang menimbulkan sikap pesimistis. Yakinkanlah dalam diri dan hati, proses yang dilakukan takkan membohongi hasil yang kelak akan dipetik.

Berilah Yang Terbaik Untuk Seluruh Customer

Memberikan pelayanan yang terbaik bagi Customer juga merupakan kunci kesuksesan usaha yang Anda rintis. Dengan harga yang dibayarkan oleh pembeli haru sesuai dengan kualitas barang/jasa yang mereka bayar. Tak sungkan memberikan diskon atau potongan harga bagi para pelanggan juga dapat membuat usaha tetap berjalan.

Relasi hubungan Anda sebagai penjual dan pelanggan yang membeli harus berjalan dengan baik, lewat komunikasi, sikap, dan hal lainnya. Lewat relasi yang terjalin memungkinkan besar bagi pelanggan akan membeli secara jangka panjang. Hal itu berguna untuk mengembagkan usaha Anda.

(AH)